Kamis, 03 Maret 2011

Buat Laporan Fiktif Rp1,6 Milyar, Kepala BRI Tapung Raya Dipenjara


BANGKINANG, -- Kepala Bank Rakyat Indonesia Tapung Raya Kabupaten Kampar. Masril (40) mendekam dalam sel tahanan Polres Kampar karena ketahuan oleh Tim Pemeriksa Keuangan dari Kantor BRI Cabang Bangkinang mentrasfer uang Rp1,6 Milyar dengan merekayasa dokumen laporan.
Tommy selaku penilik/pemeriksa dan pengawas dari Kantor BRI Cabang Bangkinang melakukan pemeriksaan laporan di BRI unit Tapung, pada hari Rabu 23 februari 2011. Tim ini menemukan kejanggalan antara jumlah saldo neraca dengan kas tidak seimbang.
Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan cermat diketahui adanya transaksi gantung yaitu adanya pembukuan setoran  kas 1,6 milyar yang berasal BRI Unit Pasir Pangaraian II ke BRI Unit Tapung pada tanggal 14 Feb 2011 yang dilakukan Masril namun tidak disertai dengan pengiriman fisik uangnya.
Kapolres Kampar AKBP MZ Muttaqien yang dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian itu, “polisi telah melakukan penahanan terhadap Kepala BRi Tapung Raya karena mentransfer uang Rp1,6 milyar dan merekayasa laporan pembukuan”, jelas Kapolres.
Kasus ini lanjut Kapolres dilaporkan oleh Sudarman (Kepala BRI Cabang Bangkinang dan  Rustian Martha pegawai BRI cabang Bangkinang, “saat ini Masril ditahan di sel Mapolres  Kampar atau tindak pidana membuat atau menyebabkan adanya pencatatan palsu dalam pembukuan atau laporan, maupun dalam dokumen laporan kegiatan usaha, laporan transaksi atau rekening Bank (TP. perbankan)”, kata kapolres.
Dalam kasus ini lanjut Kapolres, tersangka dijerat pasal yang disangkakan yakni pasal 49 ayat (1) UU No. 10 tahun 1998 tentang perubahan atas UU No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan dangan ancaman hukuman 10 tahun.
Polres Kampar telah melakukan penyitaan sejumlah barang bukti dokumen BRI serta melakukan koordinasi dengan instansi terkait, memeriksa dan menahan tersangka dan 6 orang saksi telah diperiksa d an meminta keterangan Ahli, kata Kapolres. (netty)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG DI BLOGERKU